Jumat, 01 Februari 2013


  1. Duel Motor Matic vs Motor Bebek

    Mesin Motor MaticWell,… kalau melihat secara fungsionalitasnya… baik motor Honda Spacy Helm in PGM-Fi maupun Honda Supra X-125 Helm in PGM-Fi… sama-sama motor yang bisa ngangkut lebih banyak …!!! Sama-sama perfect kalau soal gede bagasinya… mau untuk taruh helm,… beras… kopi instant,… gula,… cingkir… masuuuk daaagh semuanya … siap untuk camping … apalagi cuma boneka garfield …!!!
    Kalau bicara soal akselerasi bisa dibilang relatif imbang… mengingat walau skutik Spacy lebih kecil cc nya namun nggak perlu ngoper gigi… langsung betot gas… sudah ngaciiiir lebih dulu ketimbang motor bebek …!!! Suspensi relatif sama antara Spacy vs Supra X-125 Helm in … sedangkan bicara soal pengereman… memang Supra X-125 yang dilengkapi dengan rear disc brake lebih jossss …!!! Kemudian bagaimana dengan handling …???
    Waaaagh… kalau bicara handling… Honda Spacy yang lebih ceper… dari sisi ground clearance… memang lebih mantap untuk dibuat liak-liuk ataupun goyang patah-patah …!!! Kestabilan Honda Spacy Helm in memang mengalahkan si Supra X-125… manuver overtaking tipis yang juragan lakukan… juragan bisa relatif ‘believe’ dengan si Nancy ini… ketimbang si Supri… !!!
    Memang secara umum … skutik menawarkan kemudahan aka easy to ride … kestabilan handling… tidak heran konsumen banyak beralih dari bebek ke skutik …!!! Last,.. jika butuh ngangkut barang lebih banyak… tentu juragan akan milih skutik Honda Spacy Helm in… ketimbang Honda Supra X-125 Helm in… walu dua-duanya sama-sama injeksi… !!! But, itu pilihan juragan… bagaimana dengan pilihan sampeyan… monggo di share … !!!
    0 

    Add a comment

    1. Babak Baru: Duel Bebek Matik Honda VS Yamaha


      CV Matic dari Honda

      OTOMOTIFNET - Setelah beberapa waktu yang lalu Honda mengumumkan teknologi CV Matic, transmisi automatic untuk sepeda motor jenis bebek. Kini giliran Yamaha yang mengumumkan teknologi serupa yang diberi nama Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT).
      Melalui release resminya Honda mengumumkan CV matic di bulan September 2009, sedangkan YCAT resmi di umumkan pada Oktober 2009 lalu.

      Melihat konstruksinya, kedua transmisi baru ini memiliki desain yang sangat mirip dan tak jauh berbeda.
      Entah siapa yang duluan punya ide untuk membuatnya namun yang paling penting adalah terobosan teknologi ini memfasilitasi keinginan konsumen yang ingin tetap naik motor bebek dengan segala kelebihan fungsionalnya tapi menginginkan transmisi automatic layaknya skutik yang kini sedang booming.

      CV matic dan YCAT sama-sama merancang transmisi ini untuk mesin bebek berkapasitas mesin antara 100 sampai 125cc. Mekanisme continuously variable transmission (CVT) yang dipakai skutik dipindahkan ke mesin bebek tapi tentunya tanpa merubah tata letak apapun dari mesin bebek.

      Terlihat dari luar, nantinya mesin akan tetap berada sejajar dengan footspeg dan tetap ada rantai dan final gear sebagai transfer tenaga terakhir ke roda. Lalu CVT-nya diletakkan di mana? Kedua pabrikan ini sama-sama mendesain CVT di ruang kopling pada mesin bebek konvensional.

      Konstruksi CV Matic (kiri) dan YCAT hampir sama Bila umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.

      Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.
      Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.

      YCAT (kanan) dilengkapi dengan belalai Rencananya Yamaha akan segera memproduksi bebek dengan transmisi automatic ini pada 2010 mendatang untuk pasar sepeda motor di Asean. Dan negara yang paling pertama akan mendapat jatah adalah Vietnam.
      Kita tunggu saja, mana yang pertama kali masuk ke Indonesia, CV Matic atau YCAT? 
      0 

      Add a comment

      1. sketsa-mesin-motor-bebek.gif (513×374)Ya!motor bebek dijamin mesinya awet daripada motor matic,kenapa?ane juga gak tau sih :D ,ane bukan ahli motor.Tapi ane bisa contohin:Tarikanya bagus mana setelah motor berusia 5 tahun?A.Bebek atau B.Matic?jawabanya adalah A!faktanya memang benar,kenapa?karena motor matic biasanya kalo udah berumur lebih dari 5 tahun,lost powernya terasa banget.Contonya ane aja,babeh ane beli motor vario 110 cw dari sepupu,motornya udah 5 tahun,dan…hiii tenaganya,gak nendang sama sekali..!meski udah di setel,tetep aja tenaga gak nendang seperti pertama beli.Dan lalu ane coba motor bebek supra fit yang usianya kira-kira 7 tahun,dan…bisa ditebak,tenaga tetap seperti motor baru(ane tuker tambah sama sepupu).makanya durabilitas motor bebek gak akan pernah sama dengan motor matic.
        REM MESIN
        Ya,rem mesin tidak akan pernah ditemui motor matic dan hanya ada di motor bebek dan sport.makanya kalo bro naik motor bebek atau sport,terus ke jalan yang turun,pasti motor suaranya keras banget dan serasa ada yang ngeganjel,nah itulah rem mesin..!sekarang coba pake motor matic ke jalan yang turun,pasti ngegerolong kaya sepeda :D
        IRIT
        sekarang udah injeksi dan sebagainya,tetep aja motor matic paling irit.gak percaya?ya udah :D
        meskipun motor matic jaman
        Note:kenapa motor bebek lebih irit daripada matic?alasanya cukup simpel.Jika bro naik ke tanjakan,kalo kita pake motor bebek,bila memerlukan tenaga yang besar,maka kita tinggal menurunkan giginya ke gigi terendah (gigi 1),berbeda dengan matic!matic memerlukan betotan gas yang sangat besar untuk menyumbang tenaga yang besar juga,semakin bukaan gas besar,maka semakin cepat juga bensin yang terpakai,dan itulah mengapa motor bebek always irit selalu
        0 

        Add a comment


        1.  
          Lho Kok bukan Indonesia? IMHO, Mungkin dirasa YMKI masih sibuk dengan Vega ZR dan New Jupiternya. BTW motor ini jugalah yang dirumorkan merupakan salah satu dari 7 motoryang akan digelontorkan YMKI sepanjang tahun 2010 nanti. Hayoo siapa yah kira-kira yang bakal jadi first mover bebek matic di Indonesia? Honda atau yamaha . ..  atau jangan-jangan malah Kawasaki he he he he. Nah dari pada kelamaan nunggu, untuk sementara mari kita nikmati dulu sosok bebek matic ini sembari melihat fitur-fitur pembedannya dengan bebek-bebek bertransmisi konvensional.

          0 

          Add a comment




        2. Nah tentunya sebagai konsumen akan sangat bijak jika Anda mengetahui bermacam-macam teknologi ini sehingga mengetahui mana yang terbaik dan dapat memilih teknologi yang terbaik pula. PadaYamaha Teknologi ini sering kali disebut TPS (Throttle Position Sensor). Tapi hati-hati ada juga TPS dan TSS yang singkatannya juga berbeda, pada produk kompetitor TPS kalau di jabarkan adalah Throttle Position Switch dan TSS berarti Throttle Switch Sensor. Apa bedanya? Pada Throttle Position Sensor memakai sensor variable untuk mengukur bukaan gas pada bagian karburator, sedang pada Throttle Position Switch dan Throttle Switch Sensor, mereka masih menggunakan Switch sebagai tombol on/off, sistem ini bekerja secara manual cuma untuk memindah dua posisi saja (dua mapping pengapian), jadi bukanlah model variable sensor yang mampu otomatis berubah menyesuaikan setiap kondisi bukaan gas yang terjadi. Tentu saja performa kerjanya sangat jauh berbeda walau namanya mirip-mirip. Throttle Position Sensor berkerja jauh lebih komplek dan jauh lebih baik dari model switch yang ada pada Throttle Position Switch dan Throttle Switch Sensor.
          Seperti yang sudah kita bahas, teknologi Throttle Position Sensoradalah teknologi Throttle Position yang terbaik, dan inilah yang diaplikasikan Yamaha pada Jupiter MX. Lebih hebatnya lagi Yamahayang terkenal mampu bikin motor yang dapat lari kencang tidak hanya menerapkan TPS saja pada mesin Jupiter MX untuk membuat konsumsi bahan bakarnya jadi irit, akan tetapi Jupiter MX walau irit tetap mampu berlari kencang. Karena itulah TPS ini dipadukan dan di-intregasi-kan dengan Pompa Akselerasi sehingga walau irit tetap dapat menghasilkan tarikan yang spontan. Cara kerjanya seperti ini:
          Jika handle gas dibuka, maka udara akan bertambah dan membuat campuran menjadi kering (lebih banyak komposisi udara jika dibandingkan dengan Air Fuel Ratio yang Normal) sehingga akselerasi jadi buruk dan tersendat. Disini fungsi pompa akselerasi untuk menginjeksikan bahan bakar ke bagian Ventury di dalam karburator saat terjadi percepatan, sehingga mesin merespon dengan cepat dan tarikan spontan terjadi.
          Dengan perpaduan teknologi TPS yang terbaik dan teknologi pompa akselerasi yang sudah intregasi dalam satu kesatuan sistem pengabutan bahan bakar, maka Jupiter MX memiliki teknologi Throttle Position yang terbaik sehingga memiliki efisiensi mesin 135cc yang terbaik, irit bahan bakar, tarikan responsif-spontan dan mampu berlari kencang.
          Jika kita cermati, Yamaha Jupiter MX memakai mesin dengan konvigurasi mesin tegak. Sama seperti yang dipergunakan pada Yamaha V-ixion dan berbagai motor sport modern. Nah apa sih keunggulan mesin tegak? kok nyaris semua motor sport modern memakai mesin jenis ini. Sampai-sampai Jupiter MX, bebek Yamaha yang Hi-Tech ini juga pakai mesin Tegak.
          Oke coba kita bahas satu persatu keunggulan mesin tegak.
          Pertama, gesekan yang terjadi pada dinding piston dengan dinding dalam silinder akan lebih kecil jika kondisi arah gesekan semakin vertikal tegak lurus dengan bumi. Sehingga performa mesin akan lebih baik karena gesekan yang terjadi pada bagian inti penggerak ini lebih kecil. Mesinpun akan lebih effisien sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit.
          Kedua, bahan bakar yang masuk kedalam mesin melalui karburator akan lebih lancar, karena tidak perlu melalui leher angsa. Akan tetapi langsung lurus masuk kedalam mesin. Performa mesin tentu saja lebih baik dengan adanya pasokan bahan bakar yang lebih lancar dan merata.
          Ketiga, mesin tegak lebih tahan banjir. Karena bagian filter udara dan karburator terletak lebih tinggi dan lebih terlindung dari pada mesin horisontal. Busi-pun terletak lebih tinggi, sehingga bagian pemicu pembakaran ini lebih aman dari resiko terendam air.
          mesin tegak
          Keempat, mesin tegak dengan kapasitas mesin (cc) yang besar akan tetap kompak secara dimensi, tidak sepanjang mesin horisontal. Hal ini mengakibatkan sepeda motor lebih stabil karena titik berat motor dapat lebih terpusat di tengah. Selain itu beragam fitur yang lebih baik dapat diterapkan pada motor yang memakai konfigurasi mesin tegak. Semisal ada ruang yang cukup untuk Radiator, Monoshock Suspension, dan penggunaan Delta Box Frame. Tentunya motor makin superior dengan beragam Fitur ini.
          Kelima, sepeda motor yang menggunakan mesin tegak akan lebih lincah ditikungan, karena titik berat pada mesin tegak lebih tinggi dari pada titik berat pada mesin horisontal. Hal ini akan membuat motor lebih dinamis saat bermanuver maupun saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi. Demikian halnya jika kita terjebak dalam kemacetan jalanan kota besar, motor juga tetap lebih lincah dan handal.
          Sering kali kita mendengar adanya pendapat bahwa mesin ber-cc kecil (dibawah 250cc) tidak efektif memakai liquid cooled system, atau yang biasa kita sebut sebagai radiator. Benarkah pendapat ini? Padahal seperti yang kita tahu teknologi liquid cooled system ini sudah diaplikasikan pada mesin Jupiter MX yang berkapasitas 135cc. Nah…mau tahu kebenarannya? Ikuti penjelasan berikut ini.
          Beberapa hal di atas adalah sebagian keunggulan dari mesin tegak yang dapat kami sampaikan melalui artikel kali ini. Jadi sudah sangat tepat apabila Bebek & Sport Hi-Tech Yamaha, yaitu Jupiter MX dan V-ixion menggunakan konfigurasi mesin tegak. Ini bukti Yamaha selalu menggunakan teknologi terbaik untuk dipersembahkan kepada semua konsumen yang dicintai dan mencintai Yamaha.
          Sebenarnya pada mesin dengan cc sekecil apapun, tetap dibutuhkan sistem pembuangan / penyaluran panas dari dalam sistem mesin ke luar menuju lingkungan bebas di luar sistem mesin. Dikarenakan pada saat mesin bekerja terjadi proses pembakaran dalam ruang bakar yang tentu saja menimbulkan suhu ekstrim yang tinggi di dalam mesin itu sendiri. Gesekan antara komponen mesin yang bekerja dengan kecepatan tinggi secara otomatis menimbulkan panas yang sangat tinggi pula. Dengan suhu panas yang ekstrim ini, performa mesin bisa saja terganggu, oli dalam mesin dapat rusak, dan tentu saja gesekan antar komponen mesin semakin besar sehingga mengakibatkan mesin menjadi gampang rusak. So, komponen pembuangan panas diperlukan sebagai media untuk melakukan transfer panas dari dalam mesin menuju lingkungan bebas di luar sistem mesin.
          Media perpindahan panas ini beragam bentuk dan sistem kerja, ada yang menggunakan sistem perpindahan panas langsung dari benda padat (logam) ke udara bebas melalui elemen sirip pendingin yang biasanya ada di bagian silinder mesin pada mesin berpendingin konvensional. Tetapi ada pula yang menggunakan pendinginan dua tahap, yaitu tahap pertama dengan sistem perpindahan panas dari benda padat (logam) menuju ke benda cair (cairan pendingin), setelah itu baru kemudian panas dilepaskan menuju ke udara bebas melalui media evaporator yang kita kenal dengan nama radiator.
          Perpindahan panas dari mesin (benda padat) menuju ke benda cair (cairan pendingin) jauh lebih cepat 5 kali lipat dibandingkan perpindahan panas dari benda padat menuju  udara. Sehingga penggunaan sistem liquid cooled engine ini jauh lebih efektif dalam menjaga suhu mesin dalam kondisi ideal pada saat terjadi perubahan secara mendadak karena perubahan unjuk kerja mesin, ataupun pada saat mesin bekerja secara ekstrim untuk mengeluarkan kemampuan maksimalnya. Dengan terjaganya suhu mesin pada kondisi suhu yang ideal secara stabil, maka efisiensi mesin akan berada pada kondisi puncak, performa mesin akan maksimal, konsumsi bahan bakar lebih irit dan tentu saja komponen mesin lebih awet.
          Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan  bahwa liquid cooled systembekerja lebih efektif dibandingkan mesin dengan sistem pendinginan konvensional yang menggunakan sirip udara. Jadi pendapat yang menyatakan bahwa penggunaan liquid cooled system tidak efektif pada mesin dengan kapasitas cc mesin yang kecil. tidaklah benar. Justru penerapan liquid cooled system ini tetap lebih baik meski pada mesin ber-cc kecil sekalipun, hanya mungkin saja faktor harga akan menjadi pertimbangan pada motor-motor yang ditujukan untuk segmen ekonomis yang memang rata-rata ber-cc kecil.
          mesin Jupiter MX
          Nah khusus untuk Jupiter MX yang memang didesain dan diciptakan sebagai motor bebek dengan sensasi dan teknologi motor balap, maka pengunaan liquid cooled akan sangat bermanfaat untuk mendukung performa mesin MX untuk mencapai puncak performanya. Terlebih dalam mesin Jupiter MX segala teknologi yang terkandung didalamnya terintregrasi satu dengan lainnya sehingga saling mendukung keunggulan satu elemen mesin dengan elemen mesin yang lain. Dengan teknologi mesin berkonfigurasi tegak 44 derajat 4 Valve SOHC, Teknologi bahan DiASil Cylinder, Forged Piston, TPS, Pompa Akselerasi dan Liquid Cooled System, semuanya akan terpadu untuk memberikan performa puncak pada Jupiter MX. Sehingga pemakaian liquid cooled sistem pada mesin Jupiter MX akan memberikan kontibusi lebih dari pada pemakaian liquid cooled sistem pada mesin motor yang lain. Itulah hebatnya mesin Jupiter MX dengan liquid cooled system-nya.

          0 

          Add a comment


          1. Honda Blade Pake Tensioner Rantai Keteng Kaze


             Diganti model batang agar tahan gesek
            Honda Blade dipakai balap dengan rpm mesin tinggi, kurang tahan kalau hanya mengandalkan tensioner standar. Nggak tahan gesek dan panas, roller berlapis karet khusus itu cepat terkikis bahkan bisa sampai jebol.

            “Alhasil daya tekan tensioner ke rantai keteng kurang maksimal. Timing pengapian terganggu lantaran tak lagi presisi. Tenaga motor kedodoran, seperti yang pernah saya alami waktu turun balap,” papar Sardian Gorad Pasaribu, mekanik balap tim Kita-Kita Racing Medan.

            Sebenarnya Sardin hanya salah satu mekanik yang jadi contoh. Masalah ini sudah jadi rahasia umum para pemakai HondaBiar kuat di ajak balap, part vital ini dimodifikasi mantan asisten mekanik Honda Banten itu. Caranya mengganti penekan model roller dengan batang seperti motor umumnya. Sardin menggunakan batang penyetabil rantai sekaligus tensioner Kawak Kaze.

            “Yang lama dicopot. Lalu batang penyetabil Kaze dibuat dudukan berupa as dari baut tepat dibalik posisi roller aslinya. Sedang ujung batang masuk ke blok silinder, biar rantai bisa ditekan saat berputar,” lanjut Sardin sambil menuturkan part Kaze lebih murah juga mudah.

            Adapun untuk posisi pasang tensioner yang bertugas menekan rantai keteng saat berputar, alumni HMTC Jakarta itu membuat lubang dudukan di blok silinder. Tepatnya di bagian sisi kiri atau yang mengarah ke ruang rantai keteng. Tidak lupa, tensioner dikin dudukan lubang ulir sebagai pengikatnya. Silakan dibuktikan. (motorplus-online.com)
            0 

            Add a comment


          2. BIANG KEROK MESIN JEBOL…!!!

            Yamaha Vixion & Jupiter MX memang mengusung teknologi canggih… salah satunya system pendinginan air (Liquid Cooled) pada head cylinder & block silinder……. Nikmat rasanya mengendarai kedua type motor keluaran Yamaha tersebut, tetapi kenikmatan tersebut rupanya hanya fatamorgana belaka……
            Liquid Cooled memang berfungsi untuk mendinginkan/menurunkan/menstabilkan temperature/suhu pada mesin yaitu pada cylinder head& cylinder block yang menjaga ruang baker mesin mencapai suhu optimal serta dapat membuat endurance mesin tahan lama…… tetapi mengakibatkan kita lengah terhadap mesin motor kita layaknya kita sedang memakai kendaraan dengan mesin berpendingin udara (Air Cooled) yang ada semacam sirip pada cylinder head & cylinder block untuk melepas panas ke alam bebas yang dapat berakibat FATAL…!!!
            Jangankan penunggang/rider/user yang mempunyai vixion/Jupiter MX yang tidak mengerti tentang mesin motor kesayangannya….. Mekanik beres pun ada yang belum menguasai pasal perawatan Liquid Cooled ini…
            Contohnya sebuah kasus dari belasan kasus yang sama singgah ke saya pada hari sabtu serta mendorong saya untuk menulis artikel ini karena sudah tak tahan lagi dengan perlakuan mekanik beres pada vixion customer saya……
            Berdasarkan laporan sang end user rupanya vixion beliau awalnya jatuh lalu di bawa ke beres Yamaha langganannya untuk membenahi vixionnya yang katanya sempat menginap 3 hari di beres Yamaha, selesai dari beres timbul keluhan dari sang end user “kok air radiatornya sering habis terus yah? Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya”. Singkat kata beliau kembali meluncurkan vixionnya ke beres Yamaha langganannya kembali untuk di “beres” kan keluhannya. Akhirnya menginap lah kembali vixionnya di beres Yamaha… kalau tidak salah 2 hari menginapnya ujar beliau.
            Tetapi rupanya penyakit motornya yang sama kembali membuat ulah…….. “air radiator sering habis Dimulai dari reservoir tank yang habis duluan lalu yang di radiator pun ikut-ikutan habis dan juga akselerasinya lambat sekali dan berat topspeednya” kembali si end user berujar. Akhirnya setelah bernegosiasi tentang jadwal booking bongkar mesin pada saya tersepakati maka kemarin lah saya di beri kesempatan untuk memeriksa & membongkar mesin motor vixion kesayangannya.
            Setelah saya bongkar……. “Alamaaaaaaakkkkkk telat beberapa hari aja bisa jebol total nih mesin vixionnya boooossss……. Diapain aja boooosss mesinnya kemarin-kemarin menginap berhari-hari di beres Yamaha….. ini juga gasket/paking head silinder, paking block silinder bagian bawah & cover waterpump pake di kasih lem segala…ck…ck…ck…” ujar saya kepada sang pemilik vixion.
            Mari silahkan disimak sebagian foto-foto berikut ini. Jangan lupa untuk menyiapkan kacang goreng, kopi, rokok & kartu remi yaaaah wkwkkwkwwk…….
            Alangkah kita sebaiknya selalu check mesin motor kita yang bersistem liquid cooled/water cooled seperti Yamaha V-ixion & Jupiter MX apakah ada kebocoran seperti pada gambar berikut ini =
            Selalu check ketinggian permukaan air radiator pada radiator seperti gambar berikut ini =
            Dan terakhir serta yang paling UTAMA untuk yang suka bongkar-bongkar mesin V-ixion/Jupiter MX dapat men-check tanda-tanda kebocoran air radiator pada waterpump (seal karet & as rotor baling-baling pompa nya) seperti pada gambar berikut =
            Ingin mesin V-ixion or Jupiter MX anda di dalam crankcase nya dipenuhi bubur sum-sum seperti gambar-gambar di atas kah…?
            Silahkan dirawat & diperhatikan kesehatan mesin motor nya yah… jangan sampai terlambat…
            PS = Apabila melakukan service pada beres kalau bisa diperhatikan kerja mekaniknya & bawel sedikit tidak apa-apa demi parts-parts yang harus di ganti, jangan ditinggalkan begitu saja motornya demi secangkir kopi di warung seberang bengkel resmi. ;)
            WASPADA… WASPADA… WASPADA LAH……………
            0 

            Add a comment


          3. Motori Minarelli

            Mesin Minarelli Yang Serupa Yamaha V-Ixion Ternyata Buatan Indonesia

            Pernah dibahas sebelumnya, mesin buatan Motori Minarelli yang serupa dengan mesin Yamaha V-Ixion, dipakai oleh beberapa merek motor di Eropa seperti Rieju  dan MH Motorcycle . Dan ternyata, mesin ini dibuat di Indonesia!

            Mesin satu silinder SOHC dengan empat klep dan dilengkapi dengan radiator ini diproduksi oleh PT Chemco Harapan Nusantara (CHN) di kawasan industri Jababeka, Cikarang. Bukan hanya komponen tapi mesin secara utuh.

            "Masyarakat sebelumnya hanya mengenal CHN sebagai produsen komponen pendukung OEM, seperti rem dan pelek. Padahal kami juga memproduksi mesin motor utuh yang dipasarkan di Eropa oleh Minarelli," ungkap Enton, Marketing Departement PT CHN.

            “Sayangnya, pemerintah Italia memberikan proteksi bagi produsen sepeda motor. Undang-undang disana tidak memperbolehkan kami untuk mencantumkan negara pembuat. Jadi, blok motor yang kami buat hanya terdapat kode produksi saja,” ungkap Enton sedikit kecewa tidak bisa membawa nama Indonesia.

            Mesin ini memiliki beberapa pilihan kapasitas mesin mulai dari 125cc seperti yang dipakai Rieju dan MH Motorcycle serta Yamaha YZF R125. Lalu ada yang 135cc seperti yang digunakan Yamaha Jupiter MX dan 150cc seperti yang digunakan pada Yamaha V-Ixion.
            0 

            Add a comment


          4. Regulasi motoGP tahun  2012 membatasi pengembangan-pengembangan yang terlalu tinggi terhadap mesin, yang salah satunya ada pada pembatasan diameter maksimum dari seher dan jumlahnya seher dipakai. Diameter maksimumnya adalah 81mm dan jumlah sehernya sendiri Cuma 4 buah, sooo apasih yang kan disebabkan dari regulasi itu??? Tentunya ada pada putaran mesin maksimumnya.
            mesin 4 silinder seher 81mm
            Coba diitung berapa kapasitas mesinnya dengan satu silinder dari keseluruhannya yang 1000cc… gampang tinggal dibagi 4 ja jadinya 250cc. 250cc ini hamper mirip dengan spek moto3 yang melombakan maksimum kapasitas mesinnya 250cc.
            0 

            Add a comment



          5.  
             
             
             
            Mesin diesel atau yang biasa disingkat dengan diesel adalah mesin kalor yang memiliki prinsip kerja dengan menggunakan siklus diesel. Cara kerja diesel adalah melalui 2 proses adiabatik, yaitu proses isobarik dan proses isokhorik. Perbedaan mendasar antara cara kerja mesin diesel dan mesin bensin adalah pada diesel bahan bakr disemprotkan ke ruang pembakaran melalui nozel injector sehingga ketika ruang pembakaran memiliki tekanan yangs angat besar akan cukup panas untuk menyalakan bahan bakar secara spontan.
             
            Pada diesel, gas yang amsuk hanya merupakan udara biasa, bukan campuran antara bahan bakar dan udara sehingga proses isap dan proses buang tidak terjadi pada cara kerja diese. Udara yang masuk akan dimampatkan secara adiabatik sehingga suhunya menjadi cukup tinggi. Kemudian udara tersebut disatukan dengan minyak yang disemprotkan secara perlahn pada keadaan hampir isobar. Setelah itu, akan terjadi pembakaran dan piston bergerak. Cara kerja diesel yang singkat tersebut membuat mesin diesel lebih banyak menghasilkan tenaga.
             
            Mesin diesel dibedakan menjadi 2, yaitu mesin diesel 4 tak dan mesin diesel 2 tak. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing cara kerja diesel pada mesin diesel 4 tak dan 2 tak:
             
            # MESIN DIESEL 4 TAK
             
            1. Langkah pertama, disebut dengan suction stroke.
             
             
             
            Udara murni akan tersedot oleh piston yang bergeser ke bawah.
             
            2. Langkah kedua, disebut juga dengan langkah kompresi
             
             
             
            Piston akan memampatkan udara keatas dengan memanfaatkan kekuatan dari therby yang dilakukan oleh crankshaft
             
            3. Langkah ketika, disebut juga dengan power stroke.
             
             
             
            Pada bagian atas yang tertutup, udara dalam kondisi terkompresi scara maksimal. Tekanan dan suhu menjadi sangat tinggi. Kemudian pompa yang berwarna hitam menyuntikkan bahan bakar ke dalam udara yang panas. Sehingga pada suhu bahan bakar yang tinggi bisa menekan piston ke bawah. Proses ini dilakukan bersama dengan bagian crankshaft.
             
            4. Langkah keempat, disebut juga dengan langka pembuangan
             
             
             
            Gas yang dihasilkan dari proses pembakaran akan dikeluarkan dari silinder melalui katup kedua oleh piston yang kemudian akan bergerak keatas lagi
             
             
             
            # MESIN DIESEL 2 TAK
             
             
             
            1. Langkah 1A
            Pada permulaan gerakan, piston akan bergerak keatas sedangkan LM dan LB dalam keadaan terbuka. Udara bertekanan dari karter akan masuk ke silinder dan meniup sisa gas pembakaran melalui LB.
             
            2. Langkah 1B
            Piston akan bergerak ke atas, LM dan LB dalam keadaan tertutup oleh dinding piston. Udara bersih yang berada dalam silinder akan dimampatkan. Kemudian bahan bakar disemprotkan dan akan terjadi ledakan.
             
            3. Langkah 2A
            Kemudian piston akan bergerak ke bawah dengan dorongan gas yang diledakkan
             
            4. Langkah 2B
            Pada bagian akhir gerakan, piston akan bergerak ke bawah dimana LB sudah terbuka sehingga gas hasil pembakaran mulai keluar karena efek dari aktifitas pemompaan.

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar